Skip to main content

KEHADIRAN KRISTUS DALAM EKARISTI


Berbagai penelitian dan estudi telah membuktikan bahwa terang imanlah yang akhirnya membantu kita - dalam alasan apa pun - untuk memahami yang tidak kita pahami.

Bagaimana kita dapat memahami sebuah misteri yang tidak dapat ditembus oleh akal kita? Kita dapat menyaring dari prinsip ajaran Katolik bahwa, untuk mempelajari teologi, kita harus selalu memulai dari iman, dan  menerapkan kecerdasan kita dan kemudian menyimpulkannya dengan  iman yang baru dalam tindakan nyata. Karena lebih baik mencintai apa yang melebihi intelek kita dan memahami apa yang lebih rendah dari kita.

Karena misteri adalah sesuatu yang  melampaui kecerdasan kita. Maka tindakan  yang diperlukan dari pihak kita ialah percaya, merayakannya, dan hidup dengan mempertimbangkannya dengan mata iman, yaitu hati. Karena dengan iman dan kepercayaan akan membantu kita untuk mencapai hal yang tidak bisa kita capai dengan intelek.
Di antara misteri yang diajarkan oleh Gereja Katolik, salah satu yang paling mulia dan mengagumkan adalah Transubstansiasi, karena di dalamnya "seluruh Diri Kristus terkandung di bawah setiap spesies dan di bawah setiap bagian dari setiap spesies: Roti dan anggur."  Tapi bagaimana caranya kita dapat menjelaskannya? Tentu kenyataan itu hanya dapat dijelaskan dengan mukjizat: seluruh substansi roti menjadi substansi Tubuh Tuhan kita dan semua substansi anggur menjadi substansi Darah-Nya yang Paling Mulia.

Ucapkan kata-kata konsekrasi - Inilah Tubuh-Ku; Inilah Piala Darah-Ku...,  moment sakral  dan puncak dalam Ekaristi, merupakan saat-saat di mana Tuhan kita Yesus Kristus akan segera hadir dalam Tubuh, Darah, Jiwa dan Keilahian, di bawah jenis roti dan anggur. Apa artinya "di bawah spesies"? Tidak kurang, adalah tindakan mukjizat transubstansiasi, yakni  substansi roti dan anggur berhenti hadir dengan memberi tempat bagi substansi Tubuh dan Darah Yesus Kristus. Setelah substansi roti dan anggur tidak ada lagi, tetapi dalam Ekaristi bentuk fisiknya tetap ada (warna, bau, dll.), hanya substansinya berubah,  "karena bagi Allah segala sesuatu dapat terjadi" (Mat 19:26).

Dalam Ekaristi, kehadiran ini terjadi dalam dua cara. Pertama-tama berdasarkan sakramen, dengan kata lain, dalam pengudusan roti dikatakan: "Inilah Tubuh-Ku;" berdasarkan sakramen ada secara eksklusif menghadirkan substansi Tubuh Kristus. Demikian juga sehubungan dengan jenis anggur, dikatakan: "Inilah Piala Darah-Ku ..." di bawah spesies ini hadir secara eksklusif zat Darah Kristus. Di sisi lain, dengan alasan bersamaan, yaitu di mana satu hadir, yang lain hadir, di bawah spesies roti substansi Tubuh hadir, tetapi juga, dalam saat yang sama, Darah,  Jiwa dan Keilahian, sekaligus hadir. Karena tidak mungkin keduanya saling terpisahkan.
Karena itu, ketika kita hadir dalam Ekaristi, kita benar-benar menyambut Tuhan sendiri. Dia orang Galilea yang menyembuhkan orang sakit, orang lumpuh, orang bisu, buta dan tuli... Demi mereka dan kita, Dia membiarkan diri-Nya untuk  disalibkan; Dia "orang benar mati untuk orang yang tidak benar" (lh. 1 Petrus 3:18) untuk menyelamatkan kita. Apakah "hanya" ini? Tidak! Tuhan Yang Esa dan Tritunggal sendiri datang menyerahkan diri dan tinggal bersama kita untuk selama di dalam dan melalui Ekaristi dan Sakramen-sakramen lainnya.

Begitu besar dan dalamnya misteri itu, sehingga kita tidak mampu mengerti dengan akal kita,  tetapi Iman kita meyakinkan kita. "Quod non cápis, quod non vídes, animósa fírmat fídes, praetes rérum ordinem".


(Gcb)


Comments

Popular posts from this blog

NOVENA AVE MARIA TOLU

Hakneak, hahú loke Novena ne’e ho: Kredo no Ami Aman ida (Hato’o ita nia pedidu............) Nain feto Maria, Virjen kbi’it-nain, ba ita buat hotu bele deit. Tanba kbi’it ne’ebé Nai Maromak Kbi’it-Nain haraik ba ita. Ho laran no fiar metin, hau husu ita nia tulun iha susar ida ne’e, Inan keta hosik hau mesak. Tanba hau fiar tebtebes katak, Inan sei tulun duni hau. Maski iha susar laran ne’ebé difísil, ne’ebé la iha ona esperansa, ita nafatin sai hau nia mediadora ba ita nia Oan Mane, Jezus Kristu. Tanba Maromak nia Majestade, hau nia hakru’uk ba ita no mós ba hau nia klamar nia salvasaun sei aumenta wain-hira Inan Santa simu hotu hau nia pedidu ne’e. Tanba nia, wain-hira hau nia pedidu ne’e sai lolos duni tuir ita nia Oan Mane nia hakaran, ho laran hau husu, oh Inan Santa Maria, hato’o hela ba, hau nia pedidu hirak ne’e hotu ba ita nia Oan Mane, Kristu Jezus, ne’ebé sei la dudu ses ita hosi Nia Futar-Oin. Hau nia esperansa boot tebetebes ba ita. Tanba kbi’it ne’ebé la i...

OIN-SA HAHÍ NAIN FETO MARIA

- SAUDASAUN BA VIRJEN SANTA MARIA (SVSM) -                                   (Hahí Inan   Virjen Maria) TEISTU 1 Salve, Inan santa Liurai-Feto, Maromak Nia Inan Santa, Maria, virjen nebé hanesan no tanba Igreja. 2 Aman Santu Liu iha lalehan hili nia, no hasanta nia hamutuk ho Nia Oan Mane Santu Tebes no Espíritu Santu Masolok.        3 Iha ita-an hori-otas no tó oras ne’e nakonu ho grasa wain-basuk no buat kdiak tomak. 4 Salve, Maromak Nia hela fatin! Salve, Maromak Nia tabernákulu! Salve, Maromak Nia uma! 5 Salve, Maromak Nia hatais! Salve, Maromak Nia inan! 6 No imi, virtudi santa sira hotu, nebé tanba grasa no Espíritu Santu nia-roman tun ba ema fiar nain sira nia fuan-laran, hodi halo sira nebé fiar-la metin sai fiar-metin ba Maromak.   KOMENTÁRIU ...

NOVENA LORON 9 BA SAUN FRANSISKU HOSI ASSIS

                                      H U SU SAUN FRANSISKU HUSI ASSIS NIA TULUN *(Hahu novena ne’e ho halo konfisaun pesoál uluk ba nai-lulik ne'ebé besik ita nia parókia)             Saun Fransisku ne'ebé ami hadomi, uluk ita moris a'at hanesan bandidu no goza ita nia moris tun-sa'e. Maibé, ita bo'ot bele konverte, hahú moris foun ho haraik-an, simples no moris ki'ak tanba Jezus Kristu. Ita nia domin ba Jezus Krusifikadu nebé kle'an no lakan makás, halo Jezus ne’e fó Nia Kanek Lima ba ita nu'udar sinál ita bo'ot nia unifikasaun ho Kristu.              Iha sékulu ida hanesan oras ne’e, ema fó valor liu ba moris edonista, egoista, individualista no materialista, ne’e mak halo ami presiza tebetebes ita bo'ot nia sigredu ne'ebé dada ema feto no mane wain hodi moris tuir i...